ASD Digital – Ada beberapa pilihan dalam menentukan mesin grafir untuk melakukan pengerjaan, diantaranya adalah dengan menggunakan CNC dan laser cutting. Namun manakah yang lebih tepat dan sesuai untuk dipergunakan?

Pada dasarnya tergantung dari bahan yang digunakan dan model grafir yang diinginkan, karena hasil kerja dari kedua mesin tersebut berbeda. Grafir sendiri ada yang dengan model 2D dan juga 3D, lalu ada juga marking yang lebih tepatnya disebut menggores.

Ada beberapa jenis bahan yang lebih tepat menggunakan CNC, dan ada juga yang lebih sesuai dengan menggunakan laser cutting. Sebagai contoh, pengerjaan pada bahan kayu tentu berbeda jika dibandingkan dengan bahan kulit atau leather.

Mengerjakan bahan kayu akan lebih sesuai jika menggunakan jenis mesin CNC, terlebih lagi jika menginginkan pola grafir 3D.

Karena jika menggunakan laser cutting tidak akan bisa dan tidak sesuai dengan keinginan, mengingat bahan kayu yang memiliki fisik serta tekstur agak keras.

Mesin Grafir CNC

Mesin grafir dengan CNC ini lebih ditujukan untuk pengerjaan pada bahan yang lebih padat atau tebal, seperti pengerjaan pada bahan MDF atau kayu. Pola yang dikerjakan biasanya adalah bentuk 2D dan 3D, dan untuk pola 3D ini lebih seperti menyerupai ukir.

Pada bidang jasa grafir dengan CNC ini sendiri penggunanya banyak yang berasal dari bidang usaha furniture dan desain interior. Namun banyak juga yang memiliki mesin ini untuk digunakan pada usahanya sendiri, tidak hanya dibuat jasa.

Kelemahan dari mesin ini dibandingkan dengan laser cutting adalah proses kerja yang lama, selain itu banyaknya mata bits/bor yang digunakan dengan berbagai jenisnya.

Mesin Grafir CNC

Mesin CNC Woodworking

Setiap mata bits yang digunakan memiliki bentuk yang berbeda, tergantung penggunaannya untuk pola seperti apa. Tetapi memang ada beberapa macam yang umum digunakan pada mesin CNC tersebut.

Ada beberapa jenis mesin CNC yang juga dapat dipergunakan untuk pengerjaan pada bahan metal, granit, marmer dan lainnya, tetapi ini jenis CNC yang berbeda.

Dan mesin cnc ini juga banyak digunakan hasil kerjanya pada bidang jasa desain interior, sebagai partisi atau hiasan yang mempercantik ruangan. Juga sebagai ornamen, karena hasil produksinya yang dapat dibuat sedimikian rupa.

Mesin Grafir Laser

Mesin grafir dengan menggunakan laser cutting berbeda cukup jauh hasilnya dibandingkan dengan CNC, karena mesin ini sebenernya hanya menggores permukaan bahan.

Sehingga tidak dapat membentuk pola grafir 3D, jadi hanya berbentuk arsiran saja. Namun kelebihannya adalah dapat melakukan proses pemotongan dengan hasil yang jauh lebih rapi.

Mesin Grafir Laser Cutting

CO2 Laser Engraving

Sebenarnya untuk pengerjaan dengan mesin laser ini sendiri lebih tepat jika disebut dengan marking, karena memang berbeda dengan proses menggunakan CNC. Pada penyedia jasa laser cutting semuanya juga menerima untuk proses marking ini, selain tentu juga memotong bahannya.

Penggunaannya sendiri lebih banyak untuk melakukan proses pemotongan pada berbagai jenis bahan, baik metal maupun non-metal.

Dan untuk jenis mesin laser sendiri ini yang banyak digunakan ada 2, yaitu laser cutting dan laser marking.

Jika pekerjaan yang dilakukan hanya merupakan goresan pada bahan seperti acrylic, kulit, atau mdf, maka lebih tepat menggunakan jenis mesin ini dibandingkan dengan CNC.

Namun pengerjaan pada bahan padat dan tebal seperti kayu atau marble/marmer/granit, maka lebih sesuai dengan menggunakan CNC, terlebih untuk pola 3D.

Jadi untuk mesin grafir ini sendiri lebih tepatnya ditujukan pada jenis bahan yang ingin dikerjakan serta desainnya, sehinngga bisa memilih mesin yang lebih sesuai.

error: Content is protected !!