Mesin cutting sticker

Mesin cutting sticker seperti sesuai dengan namanya adalah alat yang digunakan untuk membuat cutting sticker, nama lain yang biasa dikenal secara umum juga adalah cutting plotter, ada banyak sekali merk yang beredar di Indonesia, termasuk dengan ukurannya yang bervariasi.

Produk dengan merk asal Jepang dan China adalah yang paling mendominasi, sedangkan untuk yang memiliki harga jual lebih murah adalah merk asal China, sedangkan untuk yang memiliki kualitas hasil potong bagus umumnya adalah mesin dengan merk asal Jepang.

Mesin cutting sticker Jepang

Mesin cutting sticker Jepang hanya terdapat 3 merk saja yang paling dikenal di Indonesia, yaitu Roland, Graphtec, dan Mimaki, ketiganya memiliki kemampuan yang berbeda, sedangkan untuk perbandingan harga jualnya tergolong agak jauh berbeda.

Yang paling dikenal disini untuk merk asal Jepang adalah Roland, meskipun secara kemampuan bisa dibilang apabila dibandingkan dengan Graphtec atau Mimaki masih tidak lebih bagus (ukuran serta fitur software), sedangkan untuk hasil potongnya sendiri presisi serta akurat.

Harga jual dari mesin cutting sticker Roland juga terbilang yang paling mahal diantara ketiganya, sedangkan untuk Mimaki atau Graphtec hanya berbeda sedikit saja, untuk kemampuan hasil potong ketiga merk tersebut sama bagusnya, tetapi melihat dari fitur software serta kemudahan spare parts maka Graphtec yang sedikit lebih unggul.

Harga mesin cutting sticker Jepang

Harga mesin cutting sticker Jepang memang jauh lebih mahal dari merk asal China, tetapi sesuai dengan kemampuannya yang memang bagus, berikut adalah daftar harganya:

Roland GS24 : Rp. 26 juta – ukuran 58,4 cm

Roland GX500 : Rp. 47 juta – ukuran 1,2 meter

Graphtec CE6000-60 : Rp. 18 juta – ukuran 60 cm

Graphtec CE6000-120 : Rp. 38 juta – ukuran 1,2 meter

Mimaki CG60 SRIII : Rp. 19 juta – ukuran 60 cm

Mimaki CG130 SRIII : Rp. 39 juta – ukuran 1,3 meter

Mesin cutting sticker Jepang murah

Mesin cutting sticker China

Mesin cutting sticker China lebih banyak lagi merk yang ada, bahkan apabila dihitung mungkin bisa lebih dari 6 merk yang ada, untuk kemampuannya sendiri memang tidak sebagus dari merk asal Jepang, tetapi ada beberapa merk asal China yang memiliki kemampuan sedikit lebih bagus dibandingkan yang lainnya.

Yang paling dikenal untuk merk asal China adalah Jinka dan Teneth, meskipun secara kemampuan dibandingkan dengan merk Rabbit masih tidak lebih bagus, untuk softwarenya sendiri hampir semua merk asal China menggunakan software yang sama yaitu Artcut, hanya Rabbit yang menggunakan software berbeda yaitu Flexi 10.

Selain itu hanya sedikit saja merk asal China yang memiliki perusahaan serta pabrik yang jelas (bisa browsing untuk datanya), dan juga ketersediaan spare parts yang tidak terjamin sepenuhnya, mungkin hanya 2 merk saja yang memiliki hal tersebut (salah satunya merk Rabbit, bisa dilihat pada www.hxlaser.com).

Mesin cutting sticker Rabbit HX 1360K

Harga mesin cutting sticker China

Harga mesin cutting sticker China memang jauh lebih murah, bahkan untuk yang berukuran 30 cm harga jualnya masih dibawah 5 jutaan, berikut adalah daftar harganya:

Jinka 721 : Rp. 7 juta

Jinka 1351 : Rp. 8,5 juta

Teneth TH740 : Rp. 7 juta

Rabbit HX 800K : Rp. 9,5 juta

Rabbit HX 1360K : Rp. 10,5 juta

Redsail RS 800C : Rp. 8 juta

Redsail RS 1360C : Rp. 9,5 juta

Untuk fitur yang dimiliki dan lengkap adalah merk Rabbit, karena sudah dilengkapi dengan sensor serta bisa digunakan langsung dari Coreldraw, bisa juga digunakan untuk memotong bahan polyflex yang biasa digunakan pada pembuatan sablon digital.

Dapat digunakan untuk memotong font hingga 4 mm dengan hasil yang baik, service centre dari merk ini juga ada di Jakarta, sehingga ketersediaan spare parts terjamin, dengan review baik yang sudah diterima dapat menjadi alternatif pilihan untuk mesin cutting sticker.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *